28 Oktober 2017

Hargai Sekecil Apapun Dukungan

Gan, hidup di masamu kelak pasti sangat sulit dengan tingkat persaingan yang sangat tinggi. Dan hal ini sangat tidak bisa diremehkan oleh siapapun juga. Sedangkan meremehkan sesuatu itu juga bukan hal yang baik untuk dilakukan di era apapun. Tidak ada yang bisa dibanggakan dari “meremehkan”, karena itu sama halnya dengan tidak bersyukur terhadap pemberian Tuhan.

Tapi mungkin dalam beberapa keadaan kita pasti akan meremehkan sesuatu, tetaplah ingat bahwa sebelum kamu meremehkan sesuatu, pasti sebelumnya kamu sudah mati-matian mencoba untuk memahami hal yang kamu telah kamu remehkan.

Jangan pernah meremehkan dukungan, Gan.

Sekecil apapun dukungan yang diberikan orang lain, ingatlah! Walaupun kamu tak sempat mengucap terima kasih kepadanya. Karena perasaan kurang dukungan itu sangat menyakitkan dan cukup menyita waktu untuk memulihkan rasa sakit itu. Sebuah dukungan yang paling penting bukan dilihat dari ucapan atau materi yang diberikan.

Dukungan yang bermakna adalah:

  1. Mereka yang mau menemanimu saat masa-masa sulit menimpamu.
  2. Mereka yang membuatmu tertawa saat masa dimana marahmu menjadi api dan senyum mereka yang menyirami emosimu.
  3. Mereka yang tetap tegar menyertai langkah-langkahmu saat orang lain menganggapmu hampa.
  4. Mereka yang tak pernah sekalipun menghianati pemikiran serta keputusanmu.
  5. Mereka yang kehadirannya kadang tidak kamu inginkan tapi selalu menunjukkan perhatian.
  6. Mereka yang bahkan melupakan tanggung jawab terhadap dirinya hanya untuk membantu menyelesaikan tanggung jawabmu.
  7. Mereka yang tak pernah lelah mendorongmu untuk naik saat lututmu sudah tak kuat lagi digunakan untuk berdiri.


Dukungan-dukungan itu yang sangat mewarnai kehidupanmu kelak. Temukan mereka, jalani hidup bersama mereka, maka kebaikan dan keharmonisan hidupmu juga akan didukung oleh semesta.

Jangan pernah mengacuhkan semesta yang selalu mengawasi setiap langkah dan keputusanmu, Yang selalu mengawasi dan mengiringi suka dukamu, Yang berkesan tidak memberikanmu harapan. 

Yakinilah bahwa semesta berbuat seperti itu agar jalanmu tak lagi berkelok, agar kamu tidak masuk dalam keputusan yang membuatmu menyesal di kemudian hari.

Semestalah yang menjadi saksi setiap perjalanan hidup seseorang di zaman apapun, maka jangan pernah tidak menjadi peka terhadap segala bentuk permasalahan di kehidupanmu. Orang yang peka dan sensitif hidupnya akan sering untuk mengalami penyesalan. Sedangkan orang yang acuh dan tidak peka akan jarang menikmati istilah penyesalan.

Jangan takut untuk menyesal, Gan.


Karena masa lalu dan penyesalan yang sebenarnya mendorong manusia untuk terus maju dan tidak pernah lelah untuk belajar. Hanya orang-orang bodoh yang menganggap masa lalu hanya angin lalu.

Posting Komentar

Ketik dan tekan ENTER untuk pencarian