25 Juni 2011

Media Cetak VS Media Digital

Dewasa ini apa yang lebih kita pilih?? Masih menggunakan fasilitas lama, yaitu koran/surat kabar dan semua Media Cetak yang lain termasuk Majalah, Tabloid, dll. atau lebih suka dengan Media Digital yang selalu update dan mudah dinikmati?? Masing-masing dari kita pasti punya pemikiran dan pendapat tersendiri tentang hal ini. Karena suasana hati saat merenggut sebuah Informasi juga mempengaruhi.

Media Cetak dan Media Digital

Lebih dari 200 tahun surat kabar menjalankan fungsinya sebagai satu-satunya media penyampai berita kepada khalayak dan sebagai sumber satu-satunya bagi khalayak dalam mengakses informasi yang sama secara bersamaan. Surat kabar pertama kali diterbitkan di Eropa pada abad ke-17. Di Indonesia sendiri, surat kabar berkembang dan mempunyai peranannya sendiri di tengah masyarakat hingga sekarang. Sejarah mencatat bahwa produk mesin cetak Johann Gutenberg ini, telah mengambil peran yang cukup signifikan dalam perkembangan surat kabar di Indonesia dari berbagai aspek kehidupan keterkaitannya sebagai media massa yang berpengaruh di masyarakat.

Seiring perkembangan Zaman pun Media Cetak mulai kurang dipergunakan karena terlalu memakan tempat dan kurang efisien dinikmati. Karena Media Digital mulai unjuk gigi. Revolusi Digital adalah perubahan dari teknologi mekanik dan elektronik analog ke teknologi digital yang telah terjadi sejak tahun 1980 dan berlanjut sampai hari ini. Revolusi itu pada awalnya mungkin dipicu oleh sebuah generasi remaja yang lahir pada tahun 80-an. Analog dengan revolusi pertanian, revolusi Industri, revolusi digital menandai awal era Informasi.

Teknologi yang mendasar ditemukan pada tahun 1980 ini dan menjadi ekonomis untuk diadobsi secara luas setelah penemuan Personal Computer. Teknologi revolusi digital dikonversi sebelumnya adalah analog ke dalam sebuah format digital. Dalam komunikasi digital misalnya perangkat keras mengulangi kemampuan mampu memperkuat sinyal digital dan menyebarkannya tanpa kehilanganb informasi dalam sinyal. Hal yang sama pentingnya dengan revolusi adalah kemampuan untuk dengan mudah memindahkan informasi digital antara media, dan untuk mengakses atau mendistribusikannya jarak jauh.

Namun satu hal yang pasti, Media apapun yang kita gunakan adalah bukan yang terpenting. Yang terpenting adalah Kemauan dari dalam diri untuk mencari Informasi yang Update atau yang kita butuhkan agar tidak tertinggal Informasi maupun Sejarah di kehidupan ini.
  1. tergantung orangnya, ada yang lebih suka baca kora, ada yang lebih suka browsing berita di internet

    BalasHapus
  2. suka baca paper.. sebab lagi selesa dan tidak menyakitkan pada pandang screen lama-lama..hihihi

    BalasHapus
  3. Yang terpenting adalah informasi yang disampaikan, apapun itu namanya baik media cetak atau media elektronok saling mendukung.

    BalasHapus
  4. @[L]ain : bener banget sob...tergantung selera kita aja..

    BalasHapus
  5. @Bagus Sugiarto : iya sob, intinya adalah berita yang kita dapatkan tu bermanfaat buat diri kita...

    BalasHapus

Ketik dan tekan ENTER untuk pencarian