25 Juli 2015

Perang Kata Kunci

Di era digital saat ini kata perang seharusnya sudah tidak berlaku untuk kekerasan, kekacauan, kebencian, pertumpahan darah, melainkan perlombaan menuju sebuah karya. Karya yang tentunya bisa dinikmati oleh orang lain. Sebuah kata untuk karya global yang bisa memicu perdamaian dan kebaikan bagi semua manusia. Sebagai contoh, karya dari kata global tersebut adalah "LOVE" atau "PEACE" yang sudah hampir semua makhluk berakal di bumi ini mengerti makna dari kata tersebut.

Tapi bagaimana sebuah kata bisa mengubah segalanya?
Bahkan mampu masuk dalam ingatan setiap orang di dunia?

Dalam dunia digital, kita dikenalkan dengan istilah Internet dan penggunanya biasa disebut sebagai Netizen. Sebuah kata akan mampu merubah segalanya hanya dengan menggunakan data perhitungan/logika pemrograman di Internet. Kata yang saya maksud disini adalah kata kunci atau "keyword" pada setiap Search Engine (Mesin Pencari).

--- Belajar tentang Pengoptimalan Mesin Pencari

Seperti yang kita ketahui, raksasa mesin pencari saat ini adalah Google. Dikatakan raksasa karena Google mampu mengindeks trilyunan situs dengan berbagai konten yang ada di dalamnya. Dan ada juga Yandex maupun Bing. Maka dalam hal ini perang kata kunci sangat diperlukan jika Anda ingin website/blog yang dimiliki dikenal oleh mesin pencari.

Algoritma dari masing-masing mesin pencari tentunya memiliki cara berfikir atau menganalisa konten yang berbeda pula. Jadi dalam hal ini saya akan memusatkan pada Meta Keyword dan Meta Description sebagai acuan perang yang selalu digunakan dalam index di masing-masing mesin pencari.

--- Belajar tentang Meta Keyword dan Meta Description



Seperti halnya kebanyakan film peperangan yang pernah saya tonton, sebelum panglima atau raja turun dalam peperangan mereka pasti mempersiapkan strategi dan persenjataan. Karena itu sudah menjadi bentuk persiapan dasar di medan perang.

Berikut adalah cara saya mempersiapkan Strategi dan Senjata untuk mempercepat index di mesin pencari dan mengoptimalkan perkenalan mesin pencari pada situs saya.

-- Menentukan judul dan isi konten secara kreatif.
Kreatifitas dalam menulis atau mengatur konten dalam situs anda bisa mempengaruhi minat pengunjung agar betah di halaman situs Anda. Terlepas dari bentuk kreatifitas, kebanyakan algoritma dari mesin pencari membutuhkan konten yang unik dan beda dari yang lain.

Secara mudahnya bisa saya artikan bahwa kita bebas menentukan kategori dari website/blog.

-- Mendaftarkan situs pada vendor mesin pencari terkemuka.
Saya hanya memfokuskan situs pada 3 Mesin pencari, yaitu:
1. Google
2. Bing
3. Yandex
4. Alexa (opsional)

Alexa mungkin bukan bagian dari jenis mesin pencari, namun merupakan situs Rate Index yang populer dengan fokus pada data statistik pengunjung dan aktifitas pengunjung pada situs yang kita miliki.

--- Belajar cara mendaftarkan situs kita pada Search Engine Populer

Posting Komentar

Ketik dan tekan ENTER untuk pencarian